Weekly Storie...

Weekly Stories | Praktek Keperawatan Komunitas

0 705

katamiqhnur.com | Berkata Dengan Semangat, Beda dan Tawa

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakaatuuh..

Keperawatan Komunitas

Antara pasien dan masyarakat itu beda banget. Kalo tentang masalah pasien, khususnya pasien yang ada di rumah sakit, para perawat termasuk calon perawat kayak MiQHNuR gini emank udah familiar banget dengan rencana tindakan/intervensi yang akan dilakukan dan pengimplementasian tindakan/intervensi tersebut, semuanya udah tercantum jelas pada Asuhan Keperawatan yang ribetnya itu minta ampyun. Huiift… Namun bagamana dengan masyarakat?

Sekarang MiQHNuR lagi ngejalanin praktek dari salah satu mata kuliah yang nggak kalah ribetnya dengan soal ngurusin asuhan keperawatan pasien yang ada di rumah sakit, mata kuliah ini bertajuk Keperawatan Komunitas. Nah, kewajiban dari mata kuliah ini adalah setiap mahasiswa diharuskan untuk turun langsung ke masyarakat selama sekitar enam mingguan gitu, artinya MiQHNuR dan teman-teman MiQHNuR diutus ke daerah-daerah yang di situ emank rawan banget terjadi masalah kejombloan, wahaha… err.. maap, maksud MiQHNuR ‘masalah kesehatan’ hehehe…

Nah, kebetulan MiQHNuR di tempatkan di daerah yang dekat banget tuh dengan kaki gunung, kaki gunungnya sih nggak masalah, cuma masalahnya MiQHNuR yang biasanya hidup di daerah yang lumayan “berkecukupan” tentu kaget banget dengan atmosfer dari daerah-daerah yang ya, bisa dikatakan di bawah dari kelayakan.

Awalnya, letak geografis dan anatomis, weeh… dari daerah ini emank nggak terlalu MiQHNuR perhatikan, tapi setelah MiQHNuR menjalani hari demi hari di daerah ini, MiQHNuR merasakan galau yang nggak biasanya, sama kayak rasa galau yang dirasakan jomblo-jomblo yang buta akan cinta. Siang hari di sini daerahnya tandus banget, seakan mataharinya ada lima, bro!! Malamnya terasa seakan ada di Moscow, dinginnya dingin banget, bro!! Trus, yang paling bikin galau adalah masalah jaringannya yang wah, ngadetnya. Itulah sebabnya akhir-akhir ini dan maybe 5 minggu ke depan juga performa nge-tweet MiQHNuR agak down. Hiiks…

Singkatnya, kemarin MiQHNuR dan teman-teman udah selesai tuh mendata seluruh masyarakat yang ada di daerah ini. Hasilnya memprihatinkan benget, dua hal prioritas pembangunan yang paling menyedihkan adalah rata-rata tingkat pendidikan dan ekonomi mereka bikin nangis, guys.

Beda dengan orang yang ada di perkotaan, orang di sini itu hidupnya, hmmfh, ya gitulah, MiQHNuR pengen nangis kalo ngebahas masalah yang beginian, MiQHNuR memang rada-rada BaPer orangnya, hiiks…

Tapi yang kerennya di sini adalah rasa kerukunan dan kekeluargaannya. Mantep! Beda banget dengan orang-orang yang hidup di perkotaan. SUMPAH, beda banget, guys!!

So, kalo masyarakat udah kayak gini, siapa orang yang harus disalahkan? Siapa orang yang harus dimintai pertanggungjawaban atas kebodohan ini? Siapa? Jomblo-jomblo? pak!!

Mungkin ini hanya setitik potret Indonesia saat ini, daerah yang MiQHNuR tempati sekarang ini nggak sebanding dengan daerah-daerah lain, pasti masih banyak daerah yang sama bahkan mungkin dan atau pasti di ujung, di sudut, di pelosok Indonesia ada daerah-daerah yang lebih parah dari ini. :(

Hingga saat ini orang/kaum yang masih MiQHNuR vonis bersalah adalah “PEMERINTAH”.

“Pemerintah kerjanya apa sih? Perasaannya di mana? Tega ya, ngeliat masyarakat sengsara? Woooy!!! Damn!!!”

Kok, udah mengarah ke curhat sih, hehehe… Okay, cukup. Thanks for reading ya guys, see you and bye-bye…

FYI, karena daerah sini jaringannya agak-agak gimana gitu, tulisan ini MiQHNuR publish lewat HP. hehehe… Jaringannya susah banget soalnya. hehehe…

Updated. Ini adalah video kenangan MiQHNuR

Nonton, dan jangan lupa subscribe yaa!!

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakaatuuh..

Akrab disapa MiQHNuR, Iqbal ato nggak Prof... Masih berstatus sebagai Mahasiswa Imajinatif dan Jomblo Fluktuatif. Nggak bisa hidup tanpa mikir dan ngayal, suka banget ngomong ama laptop. Pengen membahagiakan Keluarga dan semua orang termasuk para jomblo-jomblo :P Biasanya nge-tweet di @KataMiQHNuR..

SIMILAR ARTICLES

Bangun dari vakum

0 406
JKT48 di Gorontalo

0 2017