Pantaskah Kit...

Pantaskah Kita Share Haramnya Ucapan “Selamat Natal”??

1 996

katamiqhnur.com | Berkata Dengan Semangat, Beda dan Tawa

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakaatuuh..

pantaskah kita share haramnya ucapan selamat natal?

Semboyan negara kita adalah “Bhinneka Tunggal Ika”, yang arti, maksud dan tujuannya adalah walau kita berbeda-beda, beda ras, beda warna kulit, beda bahasa, dan beda agama, tapi kita ada dalam satu-kesatuan, satu bangsa Indonesia. HIDUP INDONESIA!!!

Tapi terkadang beberapa orang, kaum, ras, bahkan agama inginnya lebih ditinggikan dari yang lain. Iya, kan? Yang kayak beginian wajarlah, tapi ada caranya, ada tatakramanya, guys!!

Ok, MiQHNuR cuma mau ngingatin ajah, nggak ada maksud dan tujuan lain kok. Okay!!

Nah, di tanggal 24 Desember nanti kan adalah peringatan Maulid Nabi Muhammad S.A.W., dan di hari berikutnya adalah tanggal 25 Desember, di mana hari itu adalah hari rayanya umat kristiani, seperti yang udah kita tahu!

Biasanya, nanti banyak banget yang share status, gambar, meme, foto, bahkan video yang isinya haram mengucapkan selamat Natal, dan lain sejenisnya..

MiQHNuR cuma kepikiran gini, yaa.. seandainya yang di share oleh mereka adalah dilarangnya mengucapkan “Selamat Lebaran Ied Fitri/Selamat Lebaran Ied Adha” gimana perasaan kalian? Sakit? Sakit nggak? Tersinggung nggak? -_-

Entahlah, ini bisa menyinggung perasaan kalian ato nggak, MiQHNuR nggak begitu tahu, siapa sih yang tahu isi hati dari orang lain, nggak ada! Tapi sejujurnya MiQHNuR sendiri ngerasa sakit atas tindakan sharing-sharingan yang kayak beginian. Asli!!

“Kita sebagai umat Muslim dilarang mengucapkan selamat natal kepada umat kristiani”

Yah, oke, kalian udah mengerti dan mengimani hal itu. Trus kenapa harus di share lagi? Oke… oke… di share sih, boleh-boleh aja guys, itu keinginan dan hak kalian juga. Nggak ada yang ngelarang. Tapi apakah pantas? Pantas nggak?

Boleh sih, boleh. Tapi saran MiQHNuR sebelum share tulisan, status, gambar, meme, foto, video yang isinya beginian, mending kalian cek dulu, kalo dalam sosmed kalian sama skali nggak ada teman dari agama lain. Mungkin kalian mengerti dengan maksud MiQHNuR. Kalian mengerti kan?

Kalo kalian udah pastiin dalam sosmed kalian sama sekali nggak ada teman, follower dari agama itu, yaah, silahkan, guys!! Silahkan, up to you!

Tapi kalo kalian nggak bisa memastikannya, mending kalian share secara personal aja deh, takutnya mereka bakal melihat itu, daan… sakit, guys, tersinggung pastilah, guys!!

Ato kalo kalian ragu, di share nggak sih? Mending nggak usah di share sama sekali. Diam aja! Kan, Isi, maksud dan tujuannya kalian udah tahu kan?

Sekali lagi, tanpa mengurangi rasa hormat, mending kita diam aja ketimbang melihat teman ato bahkan saudara kita sakit dan tersinggung dengan tindakan kayak beginian. Kalo kalian memang mengimani bahwa mengucapkan selamat Natal itu haram, silahkan, guys! Tapi nggak seharusnya kan kalian share yang kayak beginian?

Sekali lagi, boleh untuk ngeshare yang kayak beginian, tapi cek dulu! Ato bisa langsung kalian share secara personal ajah!

Oke, ini cuma pendapat aja sih, kalo kalian nggak mau menerima ini, ya silahkan. Kalian kan punya hak soal itu, soal dosa ato nggak biar Tuhan aja yang menilai..

Terakhir, kita Indonesia, guys! Indonesia yang punya semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”.

Makasih buat kalian yang udah ngeluangin waktu buat bacain celotehan ini. Kasih komentar kalian di bawah kalo menurut kalian tulisan ini… ya, gitu deh… Hehehe… itu ajah! Bye, bye, bye…

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakaatuuh..

Inspired by: Mamah Pinah

Akrab disapa MiQHNuR, Iqbal ato nggak Prof... Masih berstatus sebagai Mahasiswa Imajinatif dan Jomblo Fluktuatif. Nggak bisa hidup tanpa mikir dan ngayal, suka banget ngomong ama laptop. Pengen membahagiakan Keluarga dan semua orang termasuk para jomblo-jomblo :P Biasanya nge-tweet di @KataMiQHNuR..

SIMILAR ARTICLES

  • Laskar Muslim

    Yaa gpp .. klau umat kristiani mau blg juga Selamat Hari Raya Idul Fitri Haram its oke.. kan itu pemahaman mereka. sdh pernah dibahas sebelumnya oleh bbrpa ulama indonesia bhwa kalau umat kristiani mngatakan bhwa haram mngucapkan hari raya ID kpda muslim its oke ga ada masalah broo.. ini masalah aqidah bukan toleransi. dishare karena kt wajib mpperingatkan saudara seiman kt buat hal yg bginian. toleransi itu mrka merayakan natal kita ga ganggu. gitu aja. perdalam ilmu agama lagii yaa . Wasallam :)