Ngomongin Sif...

Ngomongin Sifat Egoisme

1 546

katamiqhnur.com | Berkata Dengan Semangat, Beda dan Tawa

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakaatuuh..

Ngomongin-sifat-egoisme

Bila kita perhatikan secara seksama dan lebih teliti lagi, ternyata banyak banget hal yang telah hilang dari kita para pemuda-pemudi Indonesia. Mulai dari gaya hidup, lingkungan pergaulan, friendship, fashion, gadget, dan masih banyak lagi hal yang seolah-olah menuntut kita para pemuda-pemudi Indonesia untuk bersifat egoisme, lebih individualis, dan ingin hidup sendiri. Ya, itulah dampak dari perubahan zaman.

Padahal kan, manusia itu adalah makhluk sosial, Rights? Tapi kenapa masih ada yang bersifat egoisme? Ha? Mungkin ini termasuk hedonisme kehidupan, entahlah…

Sebagai pemuda Indonesia kekinian yang terus memperhatikan arus perputaran zaman dan pergantian musim, serta perpindahan ruang dan waktu, MiQHNuR agak merasa kecewa dengan permasalahan ini!

Next, dalam kamus bahasa Indonesia jilid III egoisme berarti tingkah laku yang didasarkan atas dorongan untuk keuntungan diri sendiri dan bukan untuk kesejahteraan orang lain.

Nah, sifat egoisme inilah yang mendasari sehingga ada orang yang rela menyakiti, ada orang yang rela melupakan, bahkan bisa jadi karena sifat egoisme ada orang yang tega untuk mencintai, mencintai pacar orang. Jiiah, hahaha…

Egois adalah sifat alami manusia, sama halnya dengan amarah, dendam, benci, daaan… sifat ingin memiliki, memiliki pacar orang, ouch, maap-maap, hehehe… gini ya, MiQHNuR yakin semua orang, baik secara sadar maupun nggak sadar, pasti pernah bertindak egoisme. Ya, kaan?

Seseorang yang bersifat egoisme memang akan selalu berpikir bahwa dirinya adalah benar, semua tindakannya adalah tindakan yang memang seharusnya dilakukan. Padahal apa yang ada di pikirannya tidak mungkin murni 100% benar. Misalnya: ketika dua sejoli sedang bertengkar, mereka pasti akan saling menyalahkan satu sama lain.

“Semua cowok itu brengsek!! cowok yang baik akhlak dan budi pekertinya itu hanya ada di film-film. Nggak ada yang nyata!!” Kata si cewek.

“Kenapa sih, cewek itu selalu menganggap dirinya benar? Memangnya dia Tuhan? Ahk!!” Kata si cowok.

Sekarang masalahnya gimana sih cara memerangi sifat egois ini?

Ok… ok… MiQHNuR kasih bocoran nih, ciieee, kayak ujian aja. Cara pertama yang harus kita lakukan untuk memerangi sifat egoisme adalah dengan menyadari bahwa diri kita sendiri apa telah bertindak egoisme ato tidak. Orang yang mampu mengenali dirinya sendiri jika dia telah bertindak egois ato tidak adalah orang keren.

Loh, kok keren sih, iyalah!! Karena sebenarnya semua manusia itu adalah orang yang baik, namun karena udah terpengaruh dengan arus kehidupan, terutama modernisasi saat ini, kita cenderung lebih egoisme. MiQHNuR lagi ngomongin tentang pemuda-pemudi saat ini, ini tentang kita, guys!!

MiQHNuR nggak menyalahkan arus modernisasi, tapi semua ini adalah datang dari diri kita, kita yang udah terbawa dengan arus kehidupan. Pas berpapasan di jalan, kita jarang banget saling tegur, lebih nyaman mantengin layar handphone. Ahk, SHIT!!

Okay, MiQHNuR rasa kamu udah ngertilah dengan maksud MiQHNuR. Sebagai penutup, nih MiQHNuR tutup dengan sebuah filsafat kuno yang menyebutkan :

“Musuh terbesar manusia adalah dirinya sendiri”

Filsafat ini sih, intinya, hahaha… terakhir, maacih, udah ngeluangin waktu buat bacain tulisan ini. sampai bertemu di tulisan Jumat depan!! Bye, bye, bye…

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakaatuuh..

Akrab disapa MiQHNuR, Iqbal ato nggak Prof... Masih berstatus sebagai Mahasiswa Imajinatif dan Jomblo Fluktuatif. Nggak bisa hidup tanpa mikir dan ngayal, suka banget ngomong ama laptop. Pengen membahagiakan Keluarga dan semua orang termasuk para jomblo-jomblo :P Biasanya nge-tweet di @KataMiQHNuR..

SIMILAR ARTICLES

Bangun dari vakum

0 186
JKT48 di Gorontalo

0 1789
  • Mas Blurr

    Salam kenal,
    Egois memang sifat alamiah kita mas. Kita cuma perlu mengendalikannya saja dengan hati.

    Gud posting
    Salam Nge-BluR
    Mas BluR