Kebutuhan Hid...

Kebutuhan Hidrasi Sehat Saat Puasa Buat Anak Kosan

1 767

katamiqhnur.com | Berkata Dengan Semangat, Beda dan Tawa

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakaatuuh..

KEBUTUHAN-HIDRASI-SEHAT-SAAT-PUASA-BUAT-ANAK-KOSAN-katamiqhnur.com

Seperti yang udah tertanam di benak kita, selain menahan lapar, dahaga, dan godaan mantan (jiiah…) dalam ngejalanin ibadah puasa, kita juga diharuskan untuk terus memenuhi kebutuhan gizi, terutama kebutuhan cairan tubuh kita. Sekadar untuk nge-refreash aja, kebutuhan manusia akan air itu perlu banget, guys. Misalnya, jujur nih, ya, saat ngejalanin ibadah puasa, kamu lebih sering haus ato sering lapar? Lebih sering haus kan? ato misalkan kalo di kosan nggak ada air, anak kosan bikin sirup “imajinasi” untuk buka puasa pake apa? Ahk, sudahlah.

Oke, by the way, sekarang MiQHNuR mau ngomongin tentang kebutuhan nih, bukan-bukan, bukan kebutuhan akan cinta, tapi kebutuhan yang harus kamu perhatikan ketika kamu ngejalanin ibadah puasa. Karena MiQHNuR juga adalah seorang anak kosan kayak kamu, jadi fokus utama kita adalah kebutuhan hidrasi sehat saat puasa buat anak kosan, yang bukan anak kosan mungkin akan sedikit tersisih kali ini, maaf yaa! hehehe

Kalo kita bicara mengenai hidrasi pasti bakal selalu berbarengan dengan yang namanya air, benar? Nah, air itu penting banget untuk kebutuhan tubuh kita, karena komponen utama dalam tubuh manusia terdiri dari sekitar 50% – 60% air, dan sisanya yakni 40% – 50% adalah… perasaan, hahaha… sementara itu, organ tubuh yang paling membutuhkan air adalah otak dan ginjal, sedangkan organ tubuh yang paling membutuhkan perasaan adalah… hati, hehehe… dan tentunya tubuh yang terhidrasi dengan baik, pasti akan membuat mood kita jauh lebih nyaman dan daya ingat kita akan lebih stabil.

Oke… oke… di atas mungkin kamu udah tahu seberapa pentingkah air itu bagi tubuh kita, dan perasaan bagi kelangsungan cinta kita, ciieenext, mungkin kita semua tahu bahwa kebutuhan air setiap harinya itu adalah kurang lebih 8 gelas. Saat nggak puasa, untuk memenuhi kebutuhan hingga 8 gelas/hari itu nggak jadi masalah. Namun, gimana rasanya ketika kita ngejalanin puasa? Apa kebutuhan air kita juga harus dikurangi?

Nggak, sama halnya seperti hari-hari biasanya. Kebutuhan cairan kita baik saat nggak puasa maupun saat puasa, tetap sama, guys. Kita harus tetap memenuhi kebutuhan cairan tubuh kita, yakni minum air putih 8 gelas/harinya. Caranya gimana? Mudah, kok! Kita hanya perlu satu rumus yang gampang banget di lakuin, yakni rumus 2+4+2.

Kebutuhan cairan saat puasa buat anak kosan

MiQHNuR mau sedikit cerita nih, tentang kehidupan MiQHNuR ketika ngejalanin puasa selama hidup dalam perantauan, iya, maksudnya selama di kosan. Jujur, sebelum MiQHNuR tahu tentang rumus di atas, MiQHNuR udah ngelakuin hal itu, yakni minum 8 gelas/harinya, tapi nggak terjadwal. MiQHNuR hanya memenuhi kebutuhan 8 gelas/harinya aja, tanpa tahu, ternyata ada rumus yang manjur banget buat anak kosan supaya nggak sebegitu menderita.

Dulu pas sebelum mengenal rumus itu (sekitar sampai hari ke 8 puasa), MiQHNuR minum sembarangan aja, demi memenuhi kebutuhan 8 gelas/hari. Otomatis, karena nggak teratur, pola eliminasi urine MiQHNuR juga jadi nggak teratur, dan ini tentunya berdampak pada pola tidur MiQHNuR.

Pola tidur MiQHNuR juga jadi nggak teratur, MiQHNuR lebih sering kaget saat tengah malam, bukan karena takut apalagi teringat mantan, bukan, tapi MiQHNuR kaget karena pengen buang air kecil. Setelah buang air kecil MiQHNuR jadi susah tidur, mungkin insomnia kali yaa, entahlah. Ini menyiksa banget, guys, soalnya setibanya di kampus, MiQHNuR jadi males banget untuk ngejalanin aktivitas kuliah, dan pastinya MiQHNuR lebih sering menguap. Jadi malu!!

Beruntung di hari ke-9 puasa, MiQHNuR nggak sengaja ngeliat kardus dari Danone Aqua, di situ menjelaskan bahwa saat puasa ada baiknya kita minum dengan rumus 2+4+2. 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam, dan 2 gelas pas sahur.

cairan buat anak kosan
Inilah kardus itu

Di hari itu MiQHNuR ngelakuin rumus itu juga, dan benar, setelah tidur malam, MiQHNuR nggak bangun lagi untuk buang air, tapi saat sahurlah MiQHNuR buang air. Manjur banget, benar, guys!! ampe sekarang, MiQHNuR tetap ngelakuin kebiasaan baik ini.

Nah, bagi kalian yang belum tahu caranya gimana buat me-manage pola minum sesuai rumus 2+4+2, seperti yang udah MiQHNuR bilang di atas. Nih, MiQHNuR share ke kalian, kalian yang mungkin sama menderitanya dengan MiQHNuR, kalian yang juga adalah anak kosan. Tepuk tangan donk, buat anak kosan!! Yeeay

  1. 1 gelas pertama, minum pas kamu berbuka puasa.
  2. 1 gelas kedua, minum pas setelah makan makanan berat.
  3. 1 gelas ketiga, minum menjelang sholat Isya, tapi sebelum itu MiQHNuR saranin kamu buang air kecil terlebih dahulu.
  4. 1 gelas keempat, minum setelah pulang dari tarawih.
  5. 1 gelas ke lima, minum saat lagi santap cemilan malam, biasanya pas lagi nonton ato lagi main laptop ato tergantung aktivitas kamu.
  6. 1 gelas keenam, minum saat menjelang tidur, lagi-lagi untuk menjaga pola tidur kamu supaya aman dan tenteram, MiQHNuR saranin kamu supaya buang air kecil terlebih dahulu.
  7. 1 gelas ketujuh, ini di bagi dua 2 aja, guys, setengahnya diminum saat bangun dari tidur dan setengahnya lagi diminum ketika menjelang imsak.
  8. 1 gelas terakhir, minum ketika setelah santap sahur.

Nah, pola minum di ataslah yang MiQHNuR pake selama ini untuk memenuhi kebutuhan cairan MiQHNuR selama puasa. Pola minum di atas cocok banget buat anak kosan kayak kalian, termasuk MiQHNuR yang memang pada hakikatnya “males”.

kebutuhan hidrasi buat anak kosan
Botol aqua koleksi anak kosan

Selain pola minum dengan rumus 2+4+2 di atas, patutnya kamu, sang anak kosan sejati, memperhatikan beberapa hal di bawah ini supaya puasa kamu berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan dan tentunya barokah.

  1. Jangan terlalu banyak makan makanan yang berminyak
  2. Jangan terlalu banyak mandi
  3. Jangan terlalu banyak melirik (lirikan nakal..)
  4. Jangan terlalu banyak berpikiran kotor
  5. Dan, jangan terlalu banyak jatuh cinta. Hahaha

hidrasi buat anak kosanTerakhir, MiQHNuR mau nambahin nih, berapa hal yang perlu kamu tahu, ini adalah indikator supaya kamu lebih tahu tentang tingkat kebutuhan cairan kamu, apa udah terpenuhi ato belum. Segera cek dan bandingkan!!

So, mungkin itu aja yang pengen MiQHNuR share kali ini. Ya, semoga apa yang MiQHNuR bagikan kali ini bermanfaat buat kamu, kita, dan semua anak kosan di permukaan bumi ini.

Ekh, kalo kamu punya ritual, tradisi ato hal-hal lain, selain yang MiQHNuR sampein di atas, share aja di Box Comment. Udah, itu aja!! Bye bye

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakaatuuh..

Akrab disapa MiQHNuR, Iqbal ato nggak Prof... Masih berstatus sebagai Mahasiswa Imajinatif dan Jomblo Fluktuatif. Nggak bisa hidup tanpa mikir dan ngayal, suka banget ngomong ama laptop. Pengen membahagiakan Keluarga dan semua orang termasuk para jomblo-jomblo :P Biasanya nge-tweet di @KataMiQHNuR..
  • Arulivansyah

    Kalo aku nggak ada air dikostan, paling minum air kostan. hiks.