Kata Yang Bik...

Kata Yang Bikin Kamu Dianggap Orang Pintar

11 6558

katamiqhnur.com | Berkata Dengan Semangat, Beda dan Tawa

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakaatuuh..

Kamu orang pintar? Bukan? bagus. Nih cocok untuk kamu, hehehe. Untuk terlihat pintar, kadang orang pintar itu ngasih tahu ke dunia kalo dia memang pintar dengan nyombongin diri. Misal:

“ehk, kenalan donk..”

“iya, aku Nona, kamu?”

“ohh, aku Nonu. Kamu tahu nggak aku lulusan mana?”

“maaf, emang aku harus tahu yaa?”

“yups wajib bingits, kamu harus tahu. Karena aku adalah orang pintar, dan asal kamu tahu yaa, aku ini lulusan Oxford University loh..”

“hmmfh, (ngomong dalem hati) ihh sombong banget sih dia..”

“kok cuma hmmfh sih, harusnya kamu bangga karena aku udah ngajak kamu kenalan. Nggak semua orang loh yang aku ajak kenalan. Beri tepuk tangan donk!!!”

“—“

Gimana benci dengan contoh orang pintar belagu kayak diatas kan? Tenang MiQHNuR juga benci kok, MiQHNuR juga kan bukan termasuk orang pintar. Hehehe…

Oke-oke… Untuk kamu yang nggak pintar atau orang-orang yang pintar, MiQHNuR punya cara simpel nan halus loh agar orang-orang disekitar kamu nganggap kamu orang pintar, lumayanlah biar bukan lulusan sekolah luar biasa (maksudnya? hiiks) kamu tetap bakal dianggap pintar karena cara MiQHNuR yang satu ini udah terbukti 100% ampuh, ‘tested by me’. Okay, kalau kamu mau keliatan pintar, kamu bisa nunjukinnya dari cara kamu bertutur kata. Tapi ingat, kamu harus pintar milih kata-kata yang benar dan cocok dengan situasi kamu. Bingung? Nggak usah bingung! Dibawah udah ada list kata kok yang mungkin bermanfaat untuk kamu pakai supaya keliatan pintar di kehidupan sehari-hari kamu, apa aja tuh? Let’s check it out..

  1. KADAR

Biasanya ‘kadar’ digunain untuk nentuin banyaknya kadar garam air laut atau kadar gula dalam darah, hehehe. Pokoknya kadar itu nentuin sesuatu yang di anggap lebih atau kurang (yaa elaah).

Contoh:

“bro, cewek kamu pernah ngucapin ulang tahun ke kamu nggak??”

“beberapa ratus tahun lalu sih pernah, tapi sayang tahun-tahun belakangan ini dia jarang ngucapinnya, dugaan aku sih KADAR cintanya ke aku udah mulai berkurang, hmmfh..”

“(ngomong dalem hati) kayaknya hubungan cintanya lagi broken deh, tapi dari cara ngomongnya, dia keliatan pintar sih..”

  1. AWAM

Awam sering diartiin dengan hal yang sangat biasa, nggak  tahu apa-apa. Yaah pokoknya gitulah..

Contoh:

“ehk, menurut kamu aku harus milih laptop yang mana? Samsung atau Acer?”

“kalo menurut aku sih terserah kamu, aku AWAM soal yang beginian bro..”

“(ngomong dalem hati) dia kok malah ngomong gitu sih, padahaal… tapi terdengar pintar sih”

  1. TAFSIR

Kalo pas dengar kata tafsir, orang-orang pasti langsung mikir tentang “AL-QUR’AN dan HADITS” emang nggak ada salahnya sih karena nggak dipermasalahkan, hehehe.. tapi tahukah kamu bahwa kata tafsir bisa dijadiin kamu pintar di mata orang-orang loh..

Contoh:

“bro, tadi aku liatin pacar aku lagi nonton drama korea, trus dia nangis. Aku nggak tegaan jadi aku samperin untuk ngasih tisyu ke dia, tapi dia kok malah motong kepala aku?” curhat seekor arwah gentayangan.

“menurut aku sih itu naluriah seorang cewek, mungkin dia nangis bukan karena filmnya tapi karena teringat mantannya, pedasnya diputusin ama mantannya. Kamu malah dekatin dia, dia kan lagi emosi. Makanya jangan sembarang MENAFSIRKAN sesuatu, jadinya kayak ini niih. Horror gentayangan..”

“(ngomong dalem hati) aduh kata-katanya kok kayak sastrawan gitu yaah, pintar..” kata seekor arwah gentayangan.

  1. AROMA

Aroma atau bau. Entah itu bau busuk atau harum, entahlah. MiQHNuR nggak tahu, yang MiQHNuR tahu kata aroma sesungguhnya dapat membuat kita pintar loh dimata orang-orang..

Contoh: contoh ini MiQHNuR ambil dari drama korea “Good Doctor” (Episode 2 [00:41:28]) tepatnya saat In Hae kembali ke rumah sakit untuk check up. Ckckck, hobi korea nie, NO, NO, NO..

Aroma apakah yang menyebar di rumah sakit ini, sehingga membuat hatiku terasa hangat?

Bisa dibayangin kan kalo kamu make kata ini di kehidupan sehari-hari kamu..

  1. ANALOGI

Menurut KBBI Analogi adalah ‘persamaan atau persesuaian antara’ nah arti ini ternyata bisa kita gunain supaya kita yang orang AWAM terlihat pintar di mata orang-orang..

Contoh:

“kenapa yaa perempuan itu sama persis dengan bunga. Enak dipandang, cantik, harum, indah semuanya deh. Kenapa yaa, bro?”

“aku nggak stuju banget ama kamu, perempuan itu nggak cocok di ANALOGIKAN seperti itu. Pantasnya perempuan itu di ANALOGIKAN seperti matahari bro. Matahari yang senantiasa menyinari bumi, tanpa meminta imbalan sedikitpun dari kita..”

“(ngomong dalem hati) cielah, nih orang pintar euy, kata-katanya puitis bingits..”

  1. PARADIGMA

Paradigma, kamu tahu kan artinya? Umumnya sih paradigma itu adalah pemikiran (cukup). Kalo masih nggak ngerti perhatiin contohnya dibawah!

Contoh:

“kenapa yah Indonesia nggak maju-maju? Padahal Indonesia kan hebat, kenapa yaa?”

“kalo mau liat Indonesia maju, liat dulu generasi penerusnya. Gimana bisa maju coba, dari hal kecil aja, sebut saja ngerokok, bayangkan anak SD aja udah ngerokok? Gimana anak kuliahnya, kapan majunya? Mulai sekarang kita sebagai generasi muda harusnya merubah PARADIGMA kita, bahwa Indonesia bisa lebih baik lagi, bisa membenahi diri. Bisa untuk maju, bisa membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia itu ada dan siap menjadi Negara Adi Daya”

“(ngomong dalem hati) whuiizz, nih orang hebat yah, orang yang pintar kayak gini nih yang cocok jadi presiden, ntar kalo dia nyalon presiden tahun 2118, aku nyoblos dia ahk, Cpcpcp..”

  1. TERJEMAKAN KE BAHASA LAIN

Kalo kamu masih nganggap kurang dengan perbendaharaan kata diatas. Tambahin aja dengan Bahasa dari negara lain, di mix gitu. Misal contoh dibawah ini yang diterjemahin ke Bahasa Yoruba (bahasanya negara-negara Afrika Barat: Nigeria, Togo dan Republik Benin)..

Contoh:

“bro, itu muka kamu kenapa? Kok kusut banget. habis berantem ya ama pacar?”

“bukan lagi berantem bro, de potossen *nangis terisak-isak*”

“nggak apa-apa bro. kamu harusnya TESIWAJU (move on), jangan nangis kayak gini, laki-laki kok nangis sih. Semua ini udah ditakdirin ama yang diatas. Yang kuat yaa bro..”

“(ngomong dalem hati) kalo bukan karena kata-katanya yang pintar udah aku tampar bolak balik nih orang. Untungnya dia pintar.. ehk tapi itu Bahasa apaan yaah?”

Itulah beberapa kata yang mungkin bisa menambah khazanah perbendaharaan kata kamu  supaya orang-orang dikehidupan sehari-hari kamu bakal nganggap kamu pintar. Semoga bermanfaat yaa. Untuk kamu yang punya kata-kata selain kata-kata diatas, share donk di comment box…

Okay… thanks for reading guys, see you and bye-bye…

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakaatuuh..

Akrab disapa MiQHNuR, Iqbal ato nggak Prof... Masih berstatus sebagai Mahasiswa Imajinatif dan Jomblo Fluktuatif. Nggak bisa hidup tanpa mikir dan ngayal, suka banget ngomong ama laptop. Pengen membahagiakan Keluarga dan semua orang termasuk para jomblo-jomblo :P Biasanya nge-tweet di @KataMiQHNuR..